Selasa, 11 Januari 2011

tattoo UV

UV tattoos or blacklight tattoos adalah tato yang dibuat oleh tinta khusus dan hanya dapat dilihat dibawah cahaya gelap.

tato ini biasanya populer di kalangan clubbers.

Tato ini dapat sepenuhnya tak kelihatan di cahaya normal, walaupun scar dari mesin tato hasil dari proses tetap ada, sehingga tetap terlihat.





UV tattoo yang terlihat saat cahaya gelap memiliki kisaran warna antara putih sd warna ungu tergantung dari tinta yang dipilihnya.

Tinta berwarna juga tersedia, di mana tinta tersebut tetap terlihat saat cahaya normal sebagai tato biasa tetapi tinta akan bercahaya dengan jelas di bawah cahaya UV.

Bagaimanapun, beberapa tinta UV warnanya tidak akan sebagus tato biasa di bawah cahaya normal.








tinta tato UV jarang dikenal atau digunakan, sangat sedikit variasi tinta UV yang disetujui untuk digunakan di AS.tinta ini juga lebih mahal dibandingkan tinta tato biasa.

Sebagian orang merasakan efek samping dari tinta ini, berkisar antara rasa gatal ringan sampai ke infeksi kulit.

Beberapa tinta uv dicurigai sebagai penyebab kanker dan alergi saat ini, belum ada penelitian untuk meneliti kemungkinan efek samping dari penggunaan tinta ini dalam jangka panjang.

Beberapa tinta uv diketahui menjadi kuning atau berubah menjadi coklat apabila terkena sinar matahari.

banyak tattoo artist yang keberatan untuk menggunakan tinta uv, karena kemungkinan komplikasi medis yang akan terjadi dan kesulitan yang terjadi saat proses aplikasi.

Di masa lalu, banyak tenaga ahli yang menyarankan untuk menolak uv tattoo.


Beberapa tahun terakhir, ketika formula untuk tinta uv telah berkembang, telah sering didapati laporan keberhasilan dengan sedikit atau tanpa efek samping.

Tato dapat tidak terlihat, hal ini sangat cocok bagi mereka yang mungkin memiliki keterbatasan pemilihan lokasi untuk penempatan tato mereka (sebab dari profesi mereka) sehingga mereka dapat memilih untuk menunjukkan tato mereka dibawah cahaya uv atau cahaya gelap.
  


Saran aplikasi

Tinta uv tidak sama terangnya dengan tinta tato biasa pada cahaya normal dan tidak bercampur seperti tinta normal pada saat aplikasinya.

Efeknya, tinta uv akan tertimpa apabila tinta biasa digunakan untuk cover up uv tattoo.
Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil terbaik, tinta biasa harus digunakan dahulu, dibiarkan pulih lalu baru ditimpa oleh tinta uv.


Hanya tattoo artist yang sangat berpengalaman yang dapat melakukannya, harus memiliki lampu uv disepanjang kursi tato.

Ketika penggunaan tinta uv putih atau transparan, lampu ini harus dinyalakan sepanjang proses pembuatannya.

Penggunaan Tinta uv memakan waktu lebih lama dibandingkan tinta biasa, hal ini dikarenakan tinta uv lebih cair dan lebih sulit saat diaplikasikan, dan juga karena tato musti dibersihkan dan selalu di cek di bawah lampu uv selama pengerjaan.

Juga yang harus diingat adalah tinta uv bukan untuk dasar mewarnai, memungkinkan outlines menjadi masalah.

Apabila tattoo artist tidak berhati hati, tinta atau material lain yang mereka gunakan untuk outline design mereka dapat menjadi bagian dari prosesnya.

Hal ini tidak menjadi suatu masalah untuk tato biasa yang diwarnai tinta uv diatasnya. Namun untuk tato uv yang tersebunyi, ini dapat menjadi masalah, hampir dipastikan menimbulkan masalah, akan terlihat sebagian dari tato tersebut yang seharusnya tersembunyi (scar akan menggagalkan seni tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar